Tuesday, December 29, 2015

Tugas 3-B

CONTOH SINONIM, ANTONIM, HOMONIM, HOMOFON, HOMOGRAF, POLISEMI, DAN HIPERNIM HIPONIM

CONTOH SINONIM, ANTONIM,  HOMONIM, HOMOFON, HOMOGRAF, POLISEMI, DAN HIPERNIM HIPONIM

SINONIM

Bapak = Ayah
Ayah saya seorang PNS.

Nakal = Bandel
Ayu memeng anak yang bandel

Dusta = Bohong
Jumardi berbohong kepada saya.

Ganteng = Keren
kakak saya orangnya memeng keren.

Senang = Gembira
Saya sangat gembira bertemu dengan ibu.

ANTONIM

Senang >< Sedih
Saya sedih melihat teman saya yang sakit.

Lapar >< Kenyang
Amran sangat kenyang stelah makan bakso.

Laki-laki >< Perempuan
Bibi saya melahirkan seorang anak perempuan.

Panas >< Dingin
Cuaca malam ini sangat dingin.

Gemuk >< Kurus
Karena malas makan Irsan keliatan kurus.



HOMONIM

Bulan (dalam kalender), Bulan (nama satelit)
Pada bulan Desember akan di adakan semester.
Malam ini bulan bersinar dengan indah.

Genting (gawat), Genting (atap rumah)
Keadaan masyarakat palestina sekarang sangat genting.
Genting rumah saya bocor.

Dasar
Dasar Andi anaknya memeng nakal.
Dasar Negara kita adalah pancasila.

Bagi (pembagian), Bagi (untuk)
Makanan itu harus di bagi rata.
Bagi mahasiswi UnisMuh diwajibkan memakai jilbab.

Rapat (tidak renggang), Rapat (pertemuan)
Pak guru menyuruh kami rapat dalam barisan.
Besok pagi ada rapat di kantor.




HOMOFON


Rok (pakaian), Rock (aliran music)
Saya sangat suk music rock.
Ayu memakai rok ke kampus.

Djarum (merek rokok), Jarum (alat untuk menjahit)
Ayah menyuruh saya membeli rokok djarum.
Tangan sya berdarah tertusuk jarum.

Tank (kendaraan perang), Tang (alat perkakas)
TNI latihan enggunakan mobil tank.
Saya butuh tang untuk memprbaiki motor.

Massa (kerumunan masyarakat), Masa (waktu)
Pencuri itu tewas di keroyok massa.
Saya ingin hidup lebih baik di masa yang akan datang.

Bank(tempat menyimpan uang), Bang(panggilan untuk kakak)
Banyak orang yag menyimpan uangnya di bank.
Bang Toyib masih belum pulang juga.





HOMOGRAF

Serang (nama kota), Serang (perang)
Minggu depan saya ingin ke kota Serang.
Pasukan itu di serang oleh musuhnya.


Per (benda), Per (pembagian)
Per sepeda itu bekerja dengan baik.
Mahasiswa harus membayar uang Bpp per semester.

Tahu(makanan), Tahu(mengetahui)
Irsan tidak suka makan tahu.
Saya tahu tentang pelajaran ini.




POLISEMI

Memeluk
Keluarga saya memeluk agama islam.
saya sangat ingin memeluk ibu saya.

Kepala
Tiap kepala di wajibkan membayar uang pajak.
Ayah saya adalah seorang kepala sekolah.

Mata
Mata saya perih terken debu.
Polisi itu menjadi mata-mata bandar narkoba.

Tangan
Tangan Andi terluka terkena pisau.
Ayah saya menjadi tangan kanan presiden.

Darah
Kepala Jukri penuh darah akibat terbentur.
Saya dan Jukri memiliki hubungan darah.




HIPERNIM DAN HIPONIM

HIPERNIM         : Setan
HIPONIM            : Tuyul, kuntilanak, pocong, sundel bolng, dsb.

HIPERNIM         : Buah
HIPONIM            : Mangga, apel. anggur, jambu, jeruk, dsb.

HIPERNIM         : Hewan
HIPONIM            : Ayam, kambing, sapi, harimau, singa, dsb.

HIPERNIM         : Kendaraan
HIPONIM            : Mobil, motor, sepeda, becak, dsb.

HIPERNIM         : Handphone
HIPONIM            : Nokia, motorolla, samsung, cross, dsb.


No comments:

Post a Comment